Project Communication Management

Manajemen Komunikasi Proyek termasuk proses yang diperlukan untuk memastikan bahwa informasi dalam proyek dibuat dengan tepat dan cepat, baik dalam segi pengumpulan, diseminasi, penyimpanan, dan disposisi. Hal ini menciptakan hubungan yang penting antara orang-orang, ide, dan informasi yang diperlukan supaya proyek berakhir dengan kesuksesan.

1. Identifikasi Stakeholder -Proses mengidentifikasi semua orang atau organisasi dipengaruhi oleh proyek, dan mendokumentasikan informasi yang relevan mengenai kepentingan mereka, keterlibatan, dan dampaknya pada keberhasilan proyek.
2. Rencana Komunikasi -Proses penentuan informasi pemangku kepentingan proyek dan definisi pendekatan komunikasi.
3. Penyebaran Informasi -Proses pembuatan informasi yang relevan yang tersedia untuk proyek dan pemangku kepentingan seperti yang direncanakan.
4. Mengelola Harapan Stakeholder -Proses berkomunikasi dan bekerja sama dengan pemangku kepentingan untuk memenuhi kebutuhan mereka dan mengatasi masalah yang terjadi.
5. Laporan Kinerja -Proses mengumpulkan dan mendistribusikan informasi pencapaian kinerja,termasuk laporan status, pengukuran kemajuan, dan perkiraan.

Rencana Komunikasi
Rencana Komunikasi adalah proses penentuan kebutuhan pemangku kepentingan informasi proyek dan mendefinisikan pendekatan komunikasi. Rencana Proses Komunikasi merespon informasi dan kebutuhan komunikasi para pemangku kepentingan, misalnya, yang membutuhkan informasi, kapan mereka akan membutuhkannya, bagaimana hal itu akan diberikan kepada mereka, dan oleh siapa yang akan memberikan.

Distribusi Komunikasi
Mendistribusikan informasi adalah proses pembuatan informasi yang relevan yang tersedia bagi stakeholder proyek seperti yang direncanakan.

Distribusi informasi yang efektif mencakup sejumlah teknik termasuk :
1. Model Sender-receiver. Feedback loop dan hambatan komunikasi.
2. Pilihan media. Situasi spesifik ketika berkomunikasi secara tertulis dibandingkan secara lisan, ketika menulis sebuah memo resmi versus laporan resmi, dan ketika berkomunikasi tatap muka dibandingkan melalui e-mail.
3. Gaya Menulis. Aktif versus pasif, struktur kalimat, dan pilihan kata.
4. Pertemuan teknik manajemen. Mempersiapkan agenda dan berurusan dengan konflik.
5. Teknik Presentasi. Bahasa tubuh dan desain alat bantu visual.
6. Teknik fasilitasi. Membangun konsensus dan mengatasi hambatan.

Mengelola Harapan Stakeholder adalah proses berkomunikasi dan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk memenuhi kebutuhan mereka dan mengatasi masalah yang terjadi.

Mengelola harapan membantu meningkatkan kemungkinan keberhasilan proyek dengan memastikan bahwa para pemangku kepentingan memahami manfaat dan resiko proyek. Hal ini memungkinkan mereka untuk menjadi pendukung aktif proyek dan untuk membantu dengan penilaian risiko pilihan proyek. Dengan mengantisipasi reaksi masyarakat terhadap proyek tersebut, tindakan pencegahan dapat diambil untuk memenangkan dukungan mereka atau meminimalkan potensi dampak negatif.

Laporan Kinerja
Laporan Kinerja adalah proses mengumpulkan dan mendistribusikan informasi kinerja, termasuk laporan status, pengukuran kemajuan, dan prakiraan. Proses pelaporan kinerja melibatkan pengumpulan periodik dan analisis awal terhadap data aktual untuk memahami dan berkomunikasi kemajuan proyek dan kinerja serta untuk meramalkan hasil proyek.
Laporan kinerja perlu memberikan informasi pada tingkat yang sesuai untuk setiap penonton. Format dapat berkisar dari laporan status sederhana untuk laporan lebih rumit. Sebuah laporan Status sederhana mungkin menampilkan informasi kinerja, seperti persen selesai, atau status dashboard untuk setiap wilayah (yaitu, ruang lingkup, jadwal, biaya, dan kualitas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: